Cara Cepat Belajar Ngetik 10 Jari

Belajar cara cepat ngetik 10 jari merupakan satu cara terpenting dan paling utama yang harus dilakukan dalam belajar ilmu komputer, agar kedepannya lebih efektif. Mengapa? Karena, ketika kita sedang berinteraksi dengan komputer, tentu tidak akan terlepas dengan pengetikan atau mengetik meskipun hanya satu kata dan bahkan satu huruf.

Ngetik menggunakan 10 (Sepuluh) jari pastinya akan sangat menguntungkan bagi diri kita. Selain dapat meringankan pekerjaan lebih cepat selesai, ngetik 10 jari juga membuat kita bebas, tidak menoton harus menghadap layar komputer saat bekerja.

Lantas, bagaimana cara belajar ngetik 10 jari agar cepat bisa atau lancar?

Ada beberapa metode untuk belajar ngetik cepat 10 jari, salah satu diantaranya yaitu Anda bisa memanfaatkan metode online yang banyak tersedia di internet, selain itu Anda juga bisa memanfaatkan game komputer yang mengandalkan kecepatan jari jemari untuk mengetikkan sesuai perintah dalam game tersebut.

Namun disini Kolom KomputerAktif tidak menggunakan kedua cara diatas untuk belajar ngetik 10 jari dengan cepat, karena sebenarnya ada cara yang sangat simple, mudah dan praktis untuk belajar ngetik cepat sepuluh jari.

Untuk memulainya, silakan Anda perhatikan gambar dibawah ini.

Perhatikan gambar diatas. Pada setiap jari terdapat tanda garis yang menuju ke huruf yang berbeda-beda. Lihat jari telunjuk kanan, dia menuju ke huruf 'J' dan jari telunjuk kiri menuju huruf 'F'.

Nah... kedua jari telunjuk inilah adalah kunci utama untuk Anda yang ingin bisa lancar mengetik sepuluh jari. Adapun untuk jari-jari yang lain berfungsi untuk huruf-huruf disampingnya.

Yang perlu Anda ingat, kunci utama ngetik 10 jari yaitu ada pada jari telunjuk. Dan sekarang coba Anda rasakan, ada perbedaan apa diantara huruf-huruf yang terdapat di keyboard komputer. Bedakan khusus untuk huruf 'F' dan 'J' dengan huruf yang lainnya.

Bagaimana? Apakah Anda merasakan ada benjolan pada huruf 'F' dan 'J' ? Jika Anda tidak merasakan ada benjolan, saya yakin keyboard Anda sudah puluhan tahun belum pernah diganti sehingga benjolan tersebut ilang.


Fungsi benjolan itulah yang harus Anda pegang dengan jari telunjuk. Jika Anda bergeser satu jari saja, misalnya jari tengah tangan kanan di huruf 'J' maka ini akan mengakibatkan kesalahan yang sangat fatal dalam mengetik.

Adapun langkah atau jalur berjalannya jari-jari tangan dalam proses mengetik yaitu ke arah arah kiri, baik itu kiri atas maupun kiri bawah.

Jadi secara rinci, setiap jari mendapatkan tugas masing-masing untuk beberapa huruf.

Misalnya jari telunjuk kiri yang sudah mendapat jatah wajib untuk huruf 'F', maka arah pergeserannya adalah huruf R, dan V. Sedangkan jari telunjuk kanan dengan jatah wajib huruf 'J', maka ketika bergeser ke arah kiri akan mendapati huruf U dan M. Begitupun selanjutnya.

Sekali lagi, jangan sampai jari telunjuk Anda keluar dari jatahnya, karena disitulah kunci utama cara cepat ngetik 10 jari.

Kalau masih bingung, silakan perhatikan sekali lagi gambar diatas, dan apabila masih tetap bingung, silakan kontak admin Kolom KomputerAktif.

Selamat belajar

3 komentar:

Ro_Jack125 mengatakan...

Thanks Atas Triknya.....

Walidin mengatakan...

Boleh dicoba nih trik ngetiknya gan,.. selama ini huruf j fan f tidak pernah saya perhatikan.

Unknown mengatakan...

Terima kasih banyak telah berbagi ilmu ini sangat ber guna bagi saya

Posting Komentar