Cara Mengatur Spasi Pada Microsoft Word 2007

Pengaturan spasi atau Line Spacing dalam membuat naskah atau dokumen pada microsoft office word mungkin tidaklah begitu penting jika Anda hanya sekedar iseng membuat naskah/dokumen pribadi. Namun ketika Anda membuat surat lamaran kerja misalnya, dan/atau Anda membuat tugas sekolah seperti makalah dan skripsi, maka pengaturan spasi merupakan hal yang sangat penting, yang harus benar-benar Anda perhatikan.

Secara default, line spacing atau spasi dalam microsoft word adalah 1 line spasi atau Single (untuk microsoft word 2003 kebawah), sedangkan untuk Microsoft Word 2007, defaul spasinya yaitu 1,15 (Multiple). Sebagai bahan pembelajaran, disini Kolom Komputer Aktif menggunakan Microsoft word 2007. Dan berikut adalah contoh default line spacing pada MS. word 2007 (Multiple, 1,15)


Jika Anda ingin merubah spasi atau line spacing menjadi single atau double dan/atau menjadi 1,5 line spacing, maka langkah yang harus Anda lakukan adalah mengeblok paragraph yang ingin dirubah spasinya. Lihat gambar berikut



Setelah memberikan blok pada paragraph yang ingin dirubah line spasinya, langkah selanjutnya Anda pilih menu paraghrap. Lihat gambar diatas, perhatikan menu yang diberi tanda warna merah (Paragraph) kemudian Anda klik. Maka akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini :


Perhatikan tulisan yang diberi kotak warna merah (Line Spacing). Nah.. disitu Anda dapat memilih berapa spasi paragraph yang Anda inginkan. Pada contoh ini, Kolom Komputer Aktif mengambil spasi double. Kemudian Klik OK. Maka hasilnya akan seperti ini :



Gambar diatas adalah contoh spasi double atau dua spasi dalam pengetikan menggunakan program microsoft Word. Adapun perbedaan antara line spasi satu dengan lainnya yaitu jarak akan terlihat lebih renggang untuk spasi double dibandingkan dengan spasi single atau spasi 1,5.

Untuk merubah ke spasi yang sesuai dengan Anda inginkan, langkah-langkahnya sama seperti cara-cara diatas. Hanya nanti kita tinggal menentukan berapa jarak spasi yang kita inginkan.

Tips Membuat Spasi Menggunakan Keyboard

Untuk lebih mudah merubah spasi pada microsoft word, sebenarnya Anda bisa langsung mengoperasikannya lewat keyboard, dan cara ini tentu lebih praktis.

Untuk mempraktekkannya, langkah pertama yang perlu Anda lakukan yaitu memberikan blok atau mengeblok paraghraph yang akan dirubah spasinya. Jika sudah di blok, kemudian Anda tekan Ctrl + 1 pada keyboard untuk merubah paragraph menjadi 1 spasi atau single. Untuk membuat 2 spasi atau double, silakan Anda tekan Ctrl + 2 di keyboard komputer, dan tekan Ctrl + 5 untuk merubah paragraph menjadi 1,5 spasi.

Bagaimana....??? Mudah bukan...??? Jika masih ada yang ingin Anda tanyakan, silakan tinggalkan pesan di bawah. Dan sesegera mungkin akan kami balas.

Selamat Belajar.

21 komentar:

Caca Richa mengatakan...

sangat membantu :)) terimakasih

Caca Richa mengatakan...

sangat membantu :)) terimakasih

Unknown mengatakan...

terima kasih gan, infonya sangat membantu saya,,

KIRI mengatakan...

Terima kasih infonya sangat bermanfaat :)

KIRI mengatakan...

Terima kasih infonya sangat bermanfaat :)

Unknown mengatakan...

terima kasih

Unknown mengatakan...

line spacing yang cepat bisa diatur dimana min? Website Gratis

Unknown mengatakan...

Terimakasih gan semoga sukses gan

Unknown mengatakan...

Kvntvl :v

hidup sehat mengatakan...

bsa g lebih singkat lgi cara menggunakan columsnya

Hendrik Kurniawan mengatakan...

Terima kasih, Sob :)

Unknown mengatakan...

Terima kasih gan infonya,sukses!

sakh~ mengatakan...

Kalo spasi 1,5 pilih yang mana ?

JHONSITER mengatakan...

thanks yah!

fira mengatakan...

Thanks informasinya saya juga punya tutorial Cara Merawat Komputer

Unknown mengatakan...

Trimakasih info nya sangat membantu

Unknown mengatakan...

Terima kasih atas Info nya

Salsa Hany Saputri mengatakan...

Terimakasih

jarwan mengatakan...

gimana caranya mengatur tulasan di word ya yang baik

jarwan mengatakan...

tulisannya begini ini ( Masalah matematika mempunyai makna yaitu: sebagai pendekatan pendekatan pembelajaran,yang digunakan untuk menemukan kembali (reinvention) dan memahami materi, )

Unknown mengatakan...

thank you

Posting Komentar